Rabu, 13 April 2011

Astronom Temukan Galaksi Termuda

Washington – Astronom Amerika Serikat (AS) berhasil menangkap gambar salah satu galaksi termuda di semesta. Bintang di galaksi itu terbentuk saat semesta berusia 200 juta tahun.

Data Hubble Space Telescope dan W.M. Keck Observatory di Mauna Kea, Hawaii, menunjukkan keadaan semesta ketika semesta masih berusia 950 juta tahun. NASA menyatakan, semesta terbentuk 13,7 miliar tahun silam.
Pengukuran yang dilakukan kedua teleskop itu mengungkap, bintang galaksi yang ada di sana sudah cukup dewasa sejak pertama terbentuk, yakni ketika semesta masih balita di usia 200 juta tahun.

“Hal ini menantang teori seberapa cepat galaksi terbentuk di tahun-tahun pertama semesta,” kata Johan Richard dari Centre de Recherche Astronomique de Lyon di Prancis.

Galaksi yang baru saja ditemukan ini bukan galaksi terjauh yang pernah diteliti. Namun galaksi ini merupakan salah satu galaksi terpaling muda yang bisa diteliti dengan jelas oleh NASA.

“Penelitian semacam ini akan membuka jendela ruang dan waktu. Namun, hal terpenting, penelitian ini menginspirasi penelitian masa depan perihal bintang yang muncul di semesta setelah Big Bang,” kata direktur divis astrofisika NASA Jon Morse.

sumber :teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar