Jumat, 22 April 2011

Otak Menyusut, Manusia Tetap Lebih Pintar

Otak manusia mengalami penyusutan 30 ribu tahun terakhir. Penyusutan ini dianggap memberikan sisi positif, yakni membuat manusia lebih pintar.

Para peneliti yakin penyusutan otak manusia membuat manusia lebih pintar. Pasalnya, evolusi otak itu membuat gerak otak makin ringan dan efisien. Peneliti yakin rata-rata ukuran otak manusia modern (homo sapiens) menyusut 10%, dari 1.500 menjadi 1.359 centimeter kubik sepanjang 30 ribu tahun itu.

Kini, ukuran otak manusia hampir sama dengan bola tenis. Seperti dikutip Straits Times, otak wanita memiliki kadar penyusutan sama. Namun, sejak awal rata-rata ukuran otak wanita memang lebih kecil dibanding pria.

Pengukuran ini menggunakan contoh tengkorak kepala yang ditemukan di Eropa, Timur Tengah dan Asia. “Saya menyebut penyusutan besar ini dalam waktu cepat,” kata John Hawks dari University of Michigan.

Namun, antropolog menegaskan penyusutan otak merupakan hal yang tak terlalu mengejutkan. Pasalnya, semakin kuat dan besar, maka makin besar tenaga pengendali yang dibutuhkan otak. Manusia Neanderthal yang hilang 30 ribu tahun silam itu diyakini memiliki otak lebih masif dan besar.

Sedangkan manusia Cro-Magnon atau lebih dikenal sebagai Homo Sapiens memiliki otak yang cukup besar. Tak heran, mereka lebih kuat dibanding keturunan lainnya. Profesor psikologi University of Missouri David Geary mengatakan, penyusutan ini merupakan salah satu cara bertahan di lingkungan yang ada.

sumber : teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar