Selasa, 12 April 2011

Monyet Ternyata Bisa Rasis

Isu prasangka rasial, etnis dan agama ternyata tidak hanya terjadi pada manusia. Evolusi prasangka rasial juga terjadi pada monyet. Ini menunjukkan monyet punya ikatan sosial yang kuat.

Penelitian mahasiswa Yale University, Neha Mahajan terhadap habitat monyet di Pulau Puerto Rico, Cayo Sandiago, menunjukkan bahwa monyet ternyata memiliki ikatan kuat terhadap lingkungan sosial mereka.
Ahli psikologi sebelumnya mengatakan bahwa prasangka yang terjadi pada manusia muncul tanpa disadari. Kini, bisa dilihat keberadaan prasangka muncul dari proses evolusi.

"Monyet ternyata akan menampilkan wajah yang tidak suka dan cenderung bersikap berbeda terhadap monyet yang berasal dari kelompok lain," tulis laporan di jurnal Scientific American.

Monyet secara jelas menciptakan kondisi membedakan kaum berdasarkan keanggotaan masing-masing.

Saat dilakukan eksperimen, monyet ternyata juga mengasosiasikan pihak dalam kelompok mereka sebagai sesuatu yang baik, sedangkan pihak di luar kelompok sebagai sesuatu yang buruk.

“Secara keseluruhan, inilah yang menjadi dasar bagi evolusi prasangka,” tulis Neha Mahajan dalam laporan hasil penelitian.

sumber : teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar